JAKARTA, LINTASPENA.COMKetua Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 Makarim Wibisono menyatakan dari 1.536 orang pendaftar Calon Anggota Komnas HAM RI sebanyak 96 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Panitia Seleksi telah melakukan proses pemeriksaan serta verifikasi berkas pendaftar dan menyatakan sebanyak 96 orang pendaftar Calon Anggota Komnas HAM RI lolos seleksi administrasi,” kata Makarim dalam keterangan resminya dikutip Senin (18/4).

Para pendaftar yang lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti Tes Tertulis Obyektif dan Penulisan Makalah yang dilaksanakan secara daring pada 13 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga : 2 Proyek KPBU SPAM Kampar, Pekanbaru Dapat Suplai 70 Persen

“Teknis pelaksanaan tes tersebut akan diberitahukan lebih lanjut melalui akun pendaftar dan website Komnas HAM,” tutur Makarim.

Makarim merinci tahapan yang akan dilalui para pendaftar yakni: Seleksi Administrasi, Tes Tertulis Obyektif dan Penulisan Makalah, Dialog Publik, Psikotes, Tes Kesehatan, dan Wawancara.


Adapun pelaksanaan tahapan tes tersebut berlangsung dan difinalisasi sebelum masa jabatan Anggota Komnas HAM RI yang menjabat sejak 2017 berakhir pada November 2022.

Baca Juga : 18 Warga Ukraina Tewas di Kota Kharkiv Setelah Digempur Rusia 4 Hari

Makarim mengatakan di antara 1.536 orang pendaftar dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki atau sekitar 19% kaum perempuan yang berminat menjadi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027.

“Selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi pendaftaran sebanyak 1.536 orang. Di antara jumlah tersebut, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan,” ujarnya.

Berdasarkan demografi pendaftar, Makarim menyebut wilayah domisili terbanyak berasal dari Pulau Jawa yakni Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Banten.

Baca Juga : Ketua LBH Papua Emanuel Minta Pemerintah Batalkan Pemekaran Provinsi Papua

Selain itu, terdapat pula pendaftar dari wilayah luat Jawa yakni Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara Timur, Riau dan Papua.

Lebih lanjut, Makarim menyebutkan profesi para pendaftar berasal dari kalangan advokat, aktivis, akademisi, pegawai swasta, wirausahawan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kesehatan hingga sejumlah petahana Anggota Komnas HAM RI.

Ada pula pendaftar Calon Anggota Komnas HAM RI dari unsur aparat penegak hukum, seperti polisi, jaksa, serta purnawirawan Polri dan TNI.

Source : CNN Indonesia

(VLH)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights