KAMPAR, LINTASPENA.COM – Saat ini ada dua proyek besar Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Pekanbaru. Dua proyek itu yakni KPBU SPAM Kota Pekanbaru dan Pekanbaru-Kampar.

Dari salah satu proyek itu, 70 persen air bersih dari Kabupaten Kampar akan dialirkan ke Kota Pekanbaru. Air bersih ini dialirkan oleh SPAM Regional Pekanbaru-Kampar yang berada di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

“Untuk meningkatkan pelayanan air minum perpipaan, kami mencari alternatif pendanaan melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), yakni KPBU SPAM Kota Pekanbaru dalam proses pelelangan. KPBU SPAM Regional Pekanbaru-Kampar dalam persiapan konstruksi,” kata Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (18/4/2022).

Baca Juga : 18 Warga Ukraina Tewas di Kota Kharkiv Setelah Digempur Rusia 4 Hari

Selain kedua proyek KPBU tersebut, untuk meningkatkan layanan air bersih perpipaan, akan dibangun SPAM Rumbai dan SPAM Tenayan Raya. Kedua SPAM ini masih dalam tahap perencanaan. Jika keempat proyek SPAM tersebut selesai dibangun, maka pelayanan air minum perpipaan akan meningkat menjadi 57,72 persen (138.200 SR).

Kemudian, pipa untuk SPAM Regional (Pekanbaru-Kampar) juga sedang dipasang. Untuk wilayah Pekanbaru, pipa air bersih dibangun di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai, dan Binawidya, dan Tuah Madani.

Kapasitasnya 1.000 liter per detik. Sebanyak 70 persen air bersih dari Kabupaten Kampar dialirkan di Pekanbaru. Sedangkan 30 persen air bersih lagi melayani Kabupaten Kampar di Kecamatan Tambang, Siak Hulu, dan Tapung.

Baca Juga : Ketua LBH Papua Emanuel Minta Pemerintah Batalkan Pemekaran Provinsi Papua

“Ini adalah kebutuhan sebuah kota yang maju. Mari kita dukung. Saya minta maaf kepada warga karena jalanan menjadi compang-camping. Ditambah lagi dengan kondisi PPKM,” kata Walikota.

Source : Cakaplah.com

(VLH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *