PEKANBARU, LINTASPENA.COMPemerintah provinsi (Pemprov) Riau berencana membangun jembatan yang akan menghubungkan Pulau Bengkalis, dengan Pulau Tanjung Padang Kepulauan Meranti. Jembatan tersebut akan dibangun sepanjang 1,5 Kilometer (Km). 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, Arif Setyawan mengatakan, Detail Engineering Desain (DED) jembatan tersebut sudah dilelang tahun ini. Dimana nilai DED yang dilelang sebesar Rp7,4 miliar.

Baca Juga : Raih Penghargaan Kasatwil Berprestasi, Kapolresta Pekanbaru:Berkat Dukungan dan Kerja Keras Seluruh Personil Polresta Pekanbaru

“DED nya sudah dilelang, nilainya Rp7,4 miliar. Rencananya jembatan dibangun sepanjang 1,5 Km,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, karena kontruksi jembatan yang cukup panjang dan juga akan dibangun diatas laut. Pihaknya berharap mulai tahun 2023 mendatang jembatan tersebut sudah mulai bisa dibangun.

Baca Juga : Kantor Samsat Denpasar Kebakaran, Satu Blok Gedung Hangus

“Pengerjaan fisiknya mudah-mudahan sudah bisa dimulai pada awal tahun depan, karena jembatannya cukup panjang, jadi harus sesegera mungkin dikerjakan jika semua prosedurnya sudah selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, dengan adanya jembatan tersebut, diharapkan bisa membantu akses transportasi masyarakat. Selain itu juga bisa meningkatkan perekonomian.

Baca Juga : Rangkuman Covid : Vaksinasi Booster di Indonesia Capai 13,64 Persen

“Harapannya masyarakat bisa semakin mudah untuk menyeberang, membawa hasil pertanian dan harga jualnya juga semakin tinggi,” ujarnya.

Pada masyarakat Bengkalis, Gubri juga berpesan agar dapat terus meningkatkan potensi yang ada di daerah. Meksipun lahan yang ada adalah lahan gambut, tapi dapat memanfaatkan untuk sektor pertanian seperti menanam nanas dan keladi.

“Jangan anggap lahan gambut itu tidak bisa menghasilkan, di Siak sudah banyak yang berhasil menanam nanas dilahan gambut. Produknya bahkan dijual hingga keluar daerah,” sebutnya.

Artikel Ini Telah Tayang di RIAUGREEN.com Dengan Judul : Jembatan Sepanjang 1,5 Km di Bengkalis Akan Segera di Bangun Oleh Pemrov Riau

(VLH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.