BENGKALIS, LINTASPENA.COM – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Laksamana Polbeng melengkapi kemampuan anggotanya dengan keahlian Sar Vertical dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

Pembekalan ini dilaksanakan beberapa waktu lalu, di Kantor Basarnas, Bengkalis, diikuti sebanyak 26 orang peserta terdiri dari Anggota Mapala Laksamana dan Anggota Mapala Bestari, Sabtu 26 Maret 2022.

Ketua pelaksana, Ulaila Sovia mengatakan, Sar adalah kegiatan mencari dan menyelamatkan manusia yang hilang ketika mengalami musibah.
“Sar yang dipelajari dikegiatan kami adalah sar vertical, yakni proses operasi sar dengan teknik evaluasi korban dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya pada medan curam/terjal,” jelas Sovia.

Sovia mengungkapkan penerapan materi sar vertical dilakukan di tebing, gunung atau tempat-tempat yang curam.

Sedangkan teknik penerapan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang diberikan kepada anggota adalah pertolongan pertama sebelum di bawa ke fasilitas yang lebih baik.
Dari kegiatan mempelajari Sar Vertical dan PPGD ini, diharapkan dapat bermanfaat dan diterapkan di organisasi maupun di masyarakat.

Editor : Asnawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *