PELALAWAN, LINTASPENA.COM – Dalam rangka memperingati hari besar agama Islam Isra’Mikraj Nabi Muhammad SAW tahun 2022 yang diselenggarakan oleh panitia di Mesjid Agung Ulul Azmi.

Seiring acara tersebut dilakukan penyerahan Bantuan Korban Bencana Gempa Kabupaten Pasaman Barat yang dihimpun dari bantuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Honorer Pemkab Pelalawan oleh bapak bupati pelalawan kepada Ikatan Keluarga Minang (IKM) Pelalawan pada hari Jum’at, 04/03/2022, sekira pukul 08.30 WIB.

Peringatan Isra’Mikraj tahun 1443 H / 2022 M yang dilaksanakan ini merupakan implementasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. Pada momentum sakral tersebut, panitia sengaja mengundang pembicara Ustadz DR. H. MAWARDI M. Saleh, MA yang menyampaikan tausiyah dan penguatan kerohanian jama’ah yang hadir. Acara tersebut dilangsungkan
di Mesjid Agung Ulul Azmi Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

Isra’Mikraj 2022 merupakan salah satu hari besar keagamaan Islam yang mengandung peristiwa penting di dalamnya. Perjalanan yang dilakukan Rasulullah SAW ini membawa sejumlah poin rukun Islam yang masih dijadikan pedoman hingga sekarang.

Peristiwa Isra’Mikraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab menurut sistem penanggalan kalender Hijirah. Menurut Muhammad Sholikhin dalam buku di Balik 7 Hari Besar Islam, dapat mengambil hikmatnya dari perjalanan Rasullah SAW.

Pemerintah sendiri yang telah menetapkan peringatan Isra’Mikraj 2022 sebagai Hari Libur Nasional atau tanggal merah. Ketentuan ini telah tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Bertepatan dengan momen spritualitas tersebut, maka sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang mengalami penderitaan akibat bencana alam yaitu gempa bumi tektonik yang meluluhlantakkan rumah warga dan tempat-tempat ibadah di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Didorong rasa kepedulian terhadap sesama, timbul inisiatif berbagi dan kerelaan bersedekah serta membantu masyarakat di sana, ASN dan honorer pemerintah kabupaten Pelalawan mengumpulkan bantuan sebesar Rp 62.820.000 (enam puluh dua juta delapan ratus dua puluh ribu rupiah) yang langsung diserahkan Bupati Pelalawan H. Zukri melalui Ikatan Keluarga Minang (IKM) untuk diteruskan kepada masyarakat yang terdampak gempa di Pasaman Barat Provinsi Sumbar.

Ketua FPK H. Tengku Nahar ketika dikonfirmasi perihal bagaimana tanggapan sesama anggota Paguyuban, Nahar mengatakan bahwa
“semua Paguyuban yang tergabung dalam Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Pelalawan, juga turut berpartisipasi dalam menggalang sumbangan untuk saudara kita Pasaman Barat,” ujarnya singkat.

Kegiatan peringatan Isra’Mikraj Pemkab Pelalawan tahun 2022 ini berlangsung baik dan lancar, dengan selalu menjaga protokol kesehatan.(Fridolin Z)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *