BENGKALIS, LINTASPENA.COM – Bupati Bengkalis Kasmarni mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, Senin, 24 Oktober 2022 di ruang rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis.

Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diikuti langsung oleh Kepala Daerah seluruh Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Tito mengatakan semua negara, semua kepala daerah di seluruh Indonesia, menghadapi krisis kesehatan yang sama besar untuk pertama kalinya terbesar dalam sejarah yang berlangsung selama dua tahun lebih.

“Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita termasuk negara yang bisa mengendalikan Covid-19, semua kepala negara, kepala daerah berada pada persoalan yang sama yakni bisa mengendalikan pandemi dengan berbagai indikatornya yang berdampak menurunnya kasus tersebut dibawah standar,” tutur Tito.

Tito Karnavian mengungkapkan ekonomi Indonesia tumbuh relatif cukup baik. Namun ada hal yang perlu diwaspadai yaitu ketidakmampuan negara-negara lain mengatasi ketidakmampuan negara lain menjaga ekonominya yang bisa berdampak ke Indonesia karena Indonesia merupakan bagian dari sistem globalisasi ekonomi.

“Ditambah lagi perang Rusia dan Ukraina yang berdampak terhadap perekonomian. Inflasi Rusia ke Ukraina menyebabkan ekonomi global mengalami efek dari pertumbuhan yang lebih lambat dan inflasi yang lebih cepat. Dampak tersebut akan mengalir ketika saluran utama antara lain harga komoditas yang lebih tinggi, ekonomi dan perdagangan akan terganggu serta berkurangnya kepercayaan bisnis dan ketidakpastian,” ujarnya.

Sementara itu, usai mengikuti secara virtual Bupati Kasmarni mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap akan melakukan langkah-langkah konkrit terhadap inflasi daerah khusus nya di Negeri Junjungan.

“Nanti juga kita akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait dalam mengatasi permasalahan ini, sehingga Misi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera akan lebih cepat terwujud,” ujar Bupati. **(Asnawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *