Teks Foto : Kepala Desa Legundi Bpk. Mulkan bersama Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto dan BPD, PD serta LPM saat melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan rabat beton jalan pertanian, Kamis (2/5/2024).

LAMSEL, Lintaspena.com  РDalam rangka percepatan penyerapan dan realisasi anggaran dana desa (DD) tahap I tahun anggaran 2024, Pemerintah Desa (Pemdes) Legundi, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan pembangunan fisik berupa rabat beton jalan pertanian.

Dimulainya pembangunan rabat beton jalan pertanian dengan volume  212 meter x 3 meter x 0,15 meter yang berlokasi di Dusun Suka Bandar RT 004 tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kades Legundi bersama Forkopimcam Kecamatan Ketapang dan Pendamping Desa/PLD.

Anggaran pembangunan rabat beton jalan pertanian tersebut menelan biaya sebesar Rp.140.182.900,- (seratus empat puluh juta seratus delapan puluh dua sembilan ratus rupiah) dan dikerjakan oleh warga dusun setempat dengan pola padat karya tunai (PKT).

“Hari ini kita melaksanakan peletakan batu pertama bersama Forkopimcam Kecamatan Ketapang, PD/PLD, BPD dan LPM, dimulainya pembangunan rabat beton jalan pertanian di Dusun Suka Bandar RT 004 Desa Legundi, ” Ujar Kades Legundi, Mulkan, Kamis (2/5/2024) disela-sela kegiatan.

Kades Mulkan berharap dengan dibangunnya jalan pertanian di Dusun Suka Bandar yang didanai dari dana desa, bisa memperlancar aktivitas masyarakat dalam menjalankan geliat ekonominya disektor perkebunan agar lebih produktif.

“Dibangunnya jalan pertanian ini, kita harapkan bisa memberi daya ungkit terhadap ekonomi masyarakat, khusunya di lingkungan RT 004 , ” harapnya.

Selebihnya di sektor ketahanan pangan, lanjut ‘kata Kades Mulkan mengatakan ada dua program yang akan direalisasikan pada tahap II.

“Untuk sektor nabati dan kita hewani akan kita realisasikan pada tahap II nanti. Insyaallah keduanya bisa menjadi modal desa dalam penguatan ketahanan pangan tingkat desa serta mencapai kemandirian pangan, sesuai harapan pemerintah, ” imbuhnya.

Sisi lain, sejumlah program kerja yang telah terencana pada pencairan dana desa (DD) tahap I yang telah direalisasikan oleh Pemerintah Desa Legundi diantaranya penyaluran bantuan BLT-DD untuk triwulan pertama, yakni bulan Januari – Maret 2024 kepada 23 KPM, pembayaran honor kelembagaan hingga program ketahanan pangan di sektor jalan usaha tani (JUT).

“Kegiatan yang telah kita salurkan program BLT-DD selama tiga bulan kepada 23 KPM dan membayarkan honor lembaga yang meliputi Posyandu, PAUD dan kelembagaan di lingkungan desa lainnya,” ujar Kades Mulkan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP mengapresiasi Pemerintah Desa Legundi atas terlaksananya jalan pertanian di Dusun Suka Bandar RT 004. Kegiatan tersebut bagian dari program kabupaten maupun pemerintah pusat untuk menunjang ketahanan pangan.

“Alhamdulillah, ini khususnya jalan usaha tani menuju areal persawahan dan perkebunan sudah terbangun. Kita harapkan untuk masyarakat sekitar, kedepannya bisa menjaga dan merawat. Syukur-syukur nantinya secara bertahap bisa dibangun drainasenya, supaya air tidak merusak bangunan jalan, “Kata Camat Rendy di lokasi.

Sementara, Pendamping Desa Krisna menyampaikan untuk hasil maksimal pembangunan rabat beton dalam dua hari sekali dilakukan penyiraman pada sore hari, agar tidak pecah. Dan idealnya bisa dilalui kendaraan, sekitar 60 hari setelah pengerjaan selesai, ” Ujarnya. (Mu’min/Yn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights