Teks Foton: Penyaluran BLT-DD triwulan II oleh Kepala Desa Legundi Bapak Mulkan disaksikan oleh Sekretaris Kecamatan Ketapang, Elhayati, S.E, Ketua BPD dan Pendamping Desa, di kantor desa setempat, Selasa (7/5/2024).

LAMSEL, lintaspena.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Legundi, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Kemiskinan Ekstrem Triwulan II (tahap II) periode April – Mei dan Juni, tahun anggaran 2024 setelah anggaran dicairkan dari Bank Daerah (Bank Lampung).

Penyaluran ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa Legundi, Bapak Mulkan bersama Forkopimcam Kecamatan Ketapang, BPD serta Pendamping Desa (PD/PLD) kepada 23 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah dana Rp. 900 ribu. Kegiatan penyaluran BLT DD Kemiskinan Ekstrem tersebut dilaksanakan di kantor desa setempat, Selasa (7/5/2024) pagi.

Kepala Desa Legundi Bapak Mulkan dalam sambutannya menyampaikan, penyaluran BLT DD Triwulan II pada hari ini untuk periode bulan April, Mei dan Juni tahun anggaran 2024 sebesar Rp.900 ribu atau sama dengan jumlah yang telah disalurkan sebelumnya (tahap I) termasuk KPM-nya. Adapun tujuannya adalah untuk meringankan kebutuhan perkonomian masyarakat penerima manfaat.

“Hari ini, Pemerintah Desa Legundi disaksikan jajaran Pemerintah Kecamatan Ketapang kembali menyalurkan BLT-DD Kemiskinan Ekstrem tahap II sebesar Rp.900 ribu periode bulan April – Juni 2024. Ini lanjutan tahap I. Besar harapan kita, dana tersebut bisa bermanfaat dan dipergunakan untuk hal yang produktif, ” kata Kades Mulkan.

Ia mencontohkan bentuk hal yang produktif atau dikembangkan untuk kemandirian ekonomi keluarga, seperti dibelikan kambing untuk di kembangkan biakkan. Atau dibelikan ayam dan dibudidayakan.

“Uang yang disalurkan oleh pemerintah tidak sedikit. per bulan Rp.300 ribu x 3 = 900. Jika dibelikan kambing babon Rp.700 dan dalam kurun waktu 1,5 tahun bisa beranak. Dan uang bantuan bisa berkembang serta bisa menopang ekonomi jangka menengah maupun jangka panjang. Artinya uang tidak habis sia-sia atau dibuat untuk usaha, ” terangnya.

Diakhir sambutannya, Kades Mulkan berdoa dan berharap terhadap warga masyarakat Desa Legundi agar selalu dalam lindungan Allah SWT dan bisa membangun desa, mulai dari pembangunan fisik hingga SDM agar Desa Legundi tercipta Desa yang aman, tertib dan damai. Dan itu keinginan kita bersama serta kedepannya, Desa Legundi lebih maju lagi, ” tutupnya mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Ketapang Elhayati, S.E yang mewakili Camat Ketapang, Rendy Eko Supriyanto mengatakan setiap penyaluran BLT-DD kepada para KPM wajib disaksikan oleh stakeholder pemerintah. Tujuannya adalah sebagai pendampingan dan memantau agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

” Pembagian BLT DD ini bersumber dari anggaran dana desa yang dialokasikan maksimal 10 persen dari pagu anggaran. Dan di setiap desa jumlah KPM-nya berbeda-beda berdasarkan hasil musyawarah desa, “terangnya.

Lanjut, kata Sekcam Elhayati mengatakan, mendukung apa yang disampaikan oleh Kades Legundi Bapak Mulkan terkait bantuan BLT DD bisa dimanfaatkan untuk kemandirian ekonomi keluarga, “pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyaluran bantuan BLT DD secara simbolis kepada perwakilan KPM. (Mu’min/Yn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *