Teks Foto: Kepala Desa Sripendowo, Artaji bersama Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto dan BPD serta Pendamping Desa/PLD saat launching pembangunan cor beton jalan pertanian di Dusun 03 RT 11 Gg. Melati pada Selasa (14/5/2024).

Lintaspena.com, Lamsel – Komitmen Wujudkan usulan skala prioritas masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan realisasikan pembangunan rabat beton jalan pertanian yang berlokasi di RT 11 Dusun 03 Gg. Melati.

Pembangunan rabat beton jalan pertanian di Dusun 03 Gg. Melati yang bersumber dari dana desa (DD) tahap 1 Tahun Anggaran 2024 dengan volume panjang : 100 meter, volume lebar : 2,5 meter, volume tinggi : 15 cm dengan anggaran sebesar Rp.56.996.200,00,- untuk pembangunan rabat beton jalan pertanian tersebut memberdayakan masyarakat lingkungan setempat.

Kepala Desa Sripendowo Artaji mengatakan bahwa realiasi pembangunan rabat beton jalan pertanian di Dusun 03 RT 11 Gg. Melati yang bersumber dari dana desa program ketahanan pangan. Dan akses jalan tersebut sangat penting sekali bagi petani dalam melakukan aktivitas kegiatan.

“Alhamdulillah, usulan skala prioritas masyarakat sudah kita realisasikan (terwujud) yang bersumber dari dana desa (DD) sub kegiatan dari ketahanan pangan. Insyaallah setelah selesai nanti, akan bermanfaat untuk umum, khususnya para petani warga Desa Sripendowo, ” Ucap Kades Artaji usai launching peletakan cor beton pertama bersama Camat Ketapang dan jajaran, BPD serta Pendamping Desa/PLD pada hari Selasa (14/5/2024).

Kades Artaji berpesan kepada warga masyarakat Dusun 03, khususnya RT 11 agar jalan yang lagi dibangun saat ini, kedepannya untuk dijaga dan dirawat. Sebab menurutnya jalan dan pembangunan yang direalisasikan hari ini adalah dari kita untuk kita.

“Sumber anggaran pembangunan cor beton atau rabat beton Gg. Melati ini dari dana desa (DD) yang sumbernya adalah dari masyarakat dikembalikan ke masyarakat melalui rekening desa dan kegunaannya juga untuk masyarakat,” terangnya.

Ia pun menambahkan bahwa Pemerintah Desa Sripendowo anggaran dana desa tahap 1 di sektor program ketahanan pangan yang sudah terealisasi adalah pembangunan rabat beton Gg. Melati yang saat ini sedang dikerjakan. Lalu sektor hewani kita fokuskan pada ternak kambing sebanyak 10 ekor.

“Insyaallah pembangunan jalan pertanian dan serta sektor hewani yang sudah kita realisasikan bisa menjadi modal desa dalam penguatan ketahanan pangan tingkat desa guna mencapai kemandirian pangan sesuai harapan pemerintah,” tambahnya.

“Masih dikatakan Kades Artaji, untuk sektor nabati kita fokuskan pada bibit cabe, bawang daun buah-buahan yang jangka pendek sudah berbuah. Pelaksanan sektor nabati akan kita realisasikan pada tahap II nanti,” pungkasnya. (Mu’min/Yn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights