LAMPUNG, LINTASPENA.COM Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kepadatan tinggi pada mudik 2022.

“Skenario jika kepadatan tinggi terjadi pada mudik Lebaran 2022 sudah disiapkan, salah satunya saat arus balik,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Raden Romdhon Natakusuma, di Bandarlampung, Kamis, 28 April 2022.

Ia mengatakan skema rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kepadatan tinggi itu disiapkan setelah melihat adanya tren peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan yang turun dari Bakauheni dalam sepekan terakhir.

Baca Juga :

Polres Nias Laksanakan Lat Pra Ops Ketupat Toba Tahun 2022

“Rekayasa lalu lintas yang disiapkan melalui tiga skema yaitu posisi hijau, kuning, dan merah. Ini disiapkan karena kita lihat tren peningkatan sudah ada dan memang di dominasi kendaraan roda empat,” katanya.

Dia menjelaskan, tiga skema tersebut yaitu untuk situasi hijau antrean kendaraan masih dalam batas normal yakni kurang dari 1 kilometer, lalu untuk situasi kuning kepadatan kendaraan sudah melebihi 1 kilometer dan nanti akan ada alternatif pengalihan kendaraan barang bukan prioritas ke arah Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

“Sedangkan untuk situasi merah atau sangat padat antrean sampai 4 kilometer, semua rest area dijadikan kantong parkir, bahkan kalau masih kurang kita gunakan jalan tol sebagai kantong parkir,” ucapnya.

Baca Juga :

Batman BNNP Riau Ungkap Jaringan Narkoba Internasional, Tiga Pelaku Lebaran Dijeruji Besi BNNP Riau

Ia melanjutkan, rest area dipilih sebagai kantong parkir karena semua fasilitas penunjang bagi pemudik telah tersedia disana. Lalu nantinya penguraian kepadatan akan dilakukan secara estafet dari area rehat jalan tol.

“Jadi nanti diurai secara estafet kalau di rest area kilometer 20 B kosong dari 33 B bisa masuk begitu seterusnya hingga pemudik bisa masuk ke area pelabuhan penyeberangan,” terang dia.

Menurutnya, akan ada pula pengaturan bagi kendaraan bermotor menuju pelabuhan, akan dilakukan kanalisasi agar tidak ada persimpangan dengan kendaraan yang dari arah tol.

Baca Juga :

Unit Lantas Polsek Tampan Urai Kemacetan Akibat Kerusakan Truck Tronton

“Jadi kita juga lakukan kanalisasi bagi sepeda motor yang hendak ke pelabuhan dari arah Gerbang Tol Bakauheni Selatan. Ini dilakukan untuk menghindari adanya persimpangan yang menyebabkan kemacetan dengan kendaraan yang dari arah tol,” tambahnya.

Menurutnya, untuk memberi kenyamanan dan menjamin keamanan pemudik Polda Lampung juga telah menyediakan 81 Pos Pengamanan (pos pam) dan Pos Pelayanan (pos yan). Dari Tol Bakauheni Selatan hingga perbatasan Mesuji tepatnya di rest area KM 234 telah disediakan 17 pos.

“Diharapkan dengan adanya persiapan rekayasa lalu lintas ini bisa membantu pemudik agar bisa mudik lebih aman dan nyaman,” jelas dia.

Source : medcom.id
(VLH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *