Keterangan foto: Tim Monev Kecamatan Ketapang saat melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi cek realisasi anggaran DD dan ADD tahap I Tahun Anggaran 2024 di Desa Taman Sari, Kamis (20/6/2024).

Lintaspena.com, Lamsel – Tim Monev (Monitoring & Evaluasi) Kecamatan Ketapang yang dipimpin langsung oleh Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP melaksanakan Monev Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I tahun anggaran 2024 di dua desa. Yakni Desa Pematang Pasir dan Desa Taman Sari.

Hadir dalam kegiatan Monev tersebut Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP, Sekretaris Kecamatan Ketapang Elhayati, S.E beserta staf, Pendamping Desa Ahmad Efendi dan Pendamping Lokal Desa Erwin.

Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP kepada media media Lintaspena.com mengatakan kegiatan monitoring dan evaluasi ini untuk melakukan pengecekan berkas dan realisasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD) tahap I dan sekaligus sebagai persyaratan pengajuan tahap II tahun anggaran 2024.

Selain itu, sebagai bentuk pembinaan edukasi dan ketertiban administrasi desa serta memastikan realisasi anggaran di tahap I telah dilaksanakan. Dan arahan kita untuk semua desa, bukan hanya Desa Taman Sari terkait realisasi anggaran untuk segera menyusun SPJ perangkat desa yang berpedoman pada kertas kerja dari Permendagri Nomor 73 Tahun 2020. Sebagaimana arahan atau sosialisasi Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan.

“Dari 17 desa yang ada di wilayah Kecamatan Ketapang untuk saat ini, ada 9 desa yang masuk gelombang II terkait usulan proposal pengajuan dana desa tahap II. Sisanya masih ada perbaikan dan itu menjadi syarat wajib untuk diajukan ke DPMD Kabupaten Lampung Selatan,” terangnya.

Lanjut, kata Camat Rendy Eko Supriyanto menjelaskan bahwa untuk pengajuan DD tahap II agak ketat. Tujuannya adalah mempermudah laporan desa diakhir tahun. Karena realisasi dan administrasi klop, ” Imbuhnya.

Sementara Sekretaris Kecamatan Ketapang,  Elhayati, S.E selaku Ketua Tim Monev mengatakan kegiatan monitoring tahap I tahun 2024 di wilayah Kecamatan Ketapang baru 3 desa. Dari hasil pemeriksaan secara keseluruhan pencapaian kinerja Pemerintah Desa Pematang Pasir serta desa Taman Sari, sudah dinilai cukup baik dalam menjalankan kegiatan administratif dan pembangunan yang tercantum di dalam APBDesa 2024 sudah mencapai 90 persen. Meskipun masih terdapat catatan-catatan yang perlu dibenahi.

“Adapun catatan untuk Desa Taman Sari adalah untuk segera melengkapi lampiran-lampiran laporan SPJ serta untuk segera melaksanakan kegiatan rembuk stunting yang belum dilaksanakan di tahap I. Dan kegiatan rembuk stunting akan kita jadwalkan dalam Minggu-minggu ini,” ungkap Sekcam Elhayati.

Sedangkan kegiatan Monev di 14 desa lainnya ditargetkan akan selesai diawal bulan Juli mendatang.

Pendamping Desa Kecamatan Ketapang Ahmad Efendi pada kesempatan tersebut juga mengharapkan pada seluruh TPK agar bisa bertanggungjawab pada kegiatan yang dilaksanakannya. “Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan. Hanya ada kekurangan lampiran BKP, dokumentasi dan nota belanja yang belum dilampirkan pada SPJ, ” Ujar Ahmad Efendi. (Mu’min/Yan)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *