KAMPARlintaspena.com | Uwai, Kec. Bangkinang, Laksanakan Tradisi yang sudah turun temurun di Kabupaten Kampar Khususnya di Kecamatan Bangkinang yakni Ziarah Kubur di Hari Raya 6 (enam), Pj. Bupati Kampar Hambali, SE, MH lepas Rombongan Ziarah Kubur di 8 Syawal 1445 H, Rabu (17/4).

“Pemerintah Kabupaten Kampar Apresiasi Atas Pelestarian Budaya Aghi Ghayo Onam.”Demikian dikatakan Hambali saat pelepasan peserta ziarah kubur yang kedua Hari Raya 6 (enam) ini, bertempat di Dusun Uwai Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang tepatnya di Lokasi Mesjid Al Mujahidin di depan Pemakaman Gandulo DT Tabano.

Pj. Bupati Kampar yang  didampingi oleh Plh. Sekda Kampar Ahmad Yuzar beserta Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Camat Bangkinang Drs. Darusmar dan Kepala Desa Muara Uwai Edi Akmal beserta warga yang memenuhi lokasi mesjid.

Dalam sambutannya Pj Bupati Kampar katakan Ini suatu kebanggaan bagi Masyarakat Kabupaten Kampar, dimana kentalnya rasa persaudaraan dan kekompakan masyarakat Kampar dalam mengekspresikan rasa syukur kepada Allah SWT dalam  merayakan Ziarah Kubur Hari Raya Enam atau “Aghi Ghayo Onam” yang sangat religius ini.

“Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya mendukung dan mengapresiasi pelestarian nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat.

“Jika perlu kita jadikan ini sebagai kalender hari besar Kabupaten Kampar. Untuk itu saya selaku PJ Bupati Kampar mengucapkan Selamat merayakan Hari Enam atau “Aghi Ghayo Onam”, minal Aidin Wal Faizin,  mohon maaf lahir batin.”  ucap Hambali

Pj Bupati Kampar juga berharap agar momen ini benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Kampar yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang dan terus saling peduli demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban di bawah naungan ridha, maghfirah, dan kasih sayang Allah Swt.

Selanjutnya Pj. Bupati Kampar berkenan mengikuti prosesi Ziarah Kubur dan Do’a Ziarah Kubur yang dipandu oleh Abuya Kamarrudin, dan selanjutnya akan bertolak ke Desa Sipungguk Kecamatan Bangkinang guna laksanakan kegiatan Ziarah Kubur di Pemakaman  Melayu.(Diskominfo/AN)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights