Kabupaten Nias, Lintaspena.com – Rekomendasi Ketua Fraksi NasDem DPRD Kab Nias secara khusus pada urusan wajib dan layanan dasar yakni: kesehatan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur. Kamis, 28/04/2022.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kab. Nias Yosafati Waruwu, SH. menyampaikan untuk urusan kesehatan, meminta pemerintah untuk memfungsikan Pustu/Poskesdes yang belum didayagunakan dalam rangka layanan kesehatan dan promosi gerakan masyarakat sehat. Demikian juga untuk penempatan bidan desa di setiap desa untuk dapat dipenuhi dengan memanfaatkan Pustu/Poskesdes yang belum difungsikan selama ini, berada di pedesaan dan terpencil. Hal lainnya adalah masih tingginya angka kematian ibu hamil dan melahirkan. Ada masalah stunting (anak berukuran pendek) serta program makanan tambahan (PMT) agar diidentifikasi secara tepat dan merata.


Untuk urusan pendidikan, Fraksi NasDem meminta pemerintah untuk memenuhi tenaga didik di setiap sekolah SD dan SMP di Kab. Nias. Selanjutnya meminta pemerintah untuk meninjau kembali moratorium (penghentian sementara) pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SD dan SMP karena salahsatu faktor penyumbang angka anak putus sekolah karena jarak sekolah dan letak geografis desa-desa terpencil.

Untuk urusan infrastruktur, meminta pemerintah dapat mewujudkan pembangunan akses jalan antar desa, antar kecamatan hingga akses ke ibukota kabupaten.

Untuk urusan ekonomi, meminta pemerintah untuk melakukan pendataan dan memfasilitasi UMKM/Koperasi di Kab. Nias, agar memiliki izin usaha dan NPWP sehingga dapat memanfaatkan kegiatan ekonomi daerah yang bersumber dari APBD. Dengan demikian, UMKM/Koperasi menjadi pelaku usaha, potensi pendapatan daerah atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab. Nias.”Ujarnya Yos. Waruwu”.

Jurnalis : Krisman W. Laoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *