TANGGERANG, LINTASPENA.COMMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan kepada seluruh operator teknis sarana dan prasarana transportasi udara di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) untuk lebih teliti dalam mengecek keselamatan para penumpang saat arus mudik Lebaran.

“Dari mulai penerbangan sampai kembali ke darat itu harus detail, para operator sarana harus lebih detail lagi. Begitu juga terkait ram check harus dilakukan secara rutin, untuk menghindari kemungkinan yang akan terjadi,” kata Menhub Budi di Tangerang, Minggu.

Ia mengatakan, aspek pelayanan keselamatan tentunya harus dapat dipastikan terpenuhi dengan cara uji pemeriksaan kelayakan seluruh moda transportasi yang akan beroperasi selama mudik Lebaran.

Baca Juga : Kementerian Kesehatan Tegaskan Komitmen Dukungan Untuk Disabilitas

“Jadi mulai sekarang agar semua pihak lebih mempersiapkan lagi dari segi keamanan, safety dan pelayanan serta yang lainnya,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kepada seluruh instansi dan petugas terkait diharapkan untuk memberikan pelayanan terbaik agar pelaksanaan mudik Lebaran dapat berjalan aman dan sehat.

“Tentu yang diamanahkan pak Presiden harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Dalam rangka menjaga mudik Lebaran agar berjalan aman dan sehat, pihaknya pun mendirikan beberapa posko pelayanan dengan macam fasilitas. Diantaranya seperti fasilitas kesehatan, layanan informasi, pengawasan protokol kesehatan dan lain sebagainya.

Baca Juga : KKP Temukan pembangunan Pelabuhan Umum Tanpa PKKPRL di Kalsel

Kemudian, ia mengungkapkan, dari hasil riset yang dilakukan pihaknya ada sekitar 85 juta jiwa akan melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Oleh sebab itu, jajarannya diminta untuk mempersiapkan seluruh kemampuan dalam memberikan pelayanan dan mengamankan di sektor Banda Udara setempat.

“Saya berharap, nanti selama masa mudik ini tidak ada lagi fasilitas yang bermasalah, tidak ada lagi petugas yang kurang. Jadi tolong untuk saling melengkapi agar apa yang kita lakukan dapat mendasari amanah dari Presiden RI,” kata Budi.

Source : ANTARA

(VLH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *