PEKANBARU, LINTASPENA.COM – Lapas Kelas IIA Pekanbaru menggelar kegiatan Pembukaan program pelatihan kemandirian bagi warga binaan lapas kelas IIA Pekanbaru, Pembinaan kemandirian guna dalam meningkatkan kemampuan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pembukaan program pelatihan warga binaan permasyarakatan(WBP) dilaksanakan bertempat di Aula Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Selasa(29/03/2022).

Dalam kesempatan tersebut, acara ini dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Riau Kajari Sitepu, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau Maulidi Hilal, Kalapas kelas IIA Pekanbaru Sapto Winarno. Wakil Direktur CV.Jasa Indah Sentosa Nur Afnita.

“Kanwil Kemenkumham Riau memberikan apresiasi atas terselenggara kegiatan ini,” ujar Kajari Sitepu.

Pelatihan yang dilaksanakan merupakan kerjasama antara CV. Jasa Indah Sentosa dengan lapas kelas IIA Pekanbaru dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi WBP dengan harapan kelak keterampilan yang dimiliki dapat digunakan untuk modal kembali ke masyarakat berwirausaha maupun turut bersaing di dunia kerja.

Dalam kata sambutannya Kalapas Kelas IIA Pekanbaru meyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak pihak yang telah bekerjasama dalam penyelenggaraan pelatihan kemandirian.

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru menjelaskan bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan akan dilaksanakan lima hari yang terdiri dari dua kejuruan yaitu Bakery (Jasa) di ikuti sebanyak 20 orang WBP dan Barista (Jasa) di ikuti sebanyak 20 orang WBP.

Pantauan awak media, acara terlaksana dengan baik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus covid 19.

Serta nantinya diharapkan agar para peserta pelatihan bisa mengikuti uji kompetensi untuk memperdalam materi pelatihan yang telah diberikan dan memiliki sertifikasi pada masing-masing bidang yang dilatih.

Selain itu Kalapas juga menyampaikan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan karena pelatihan ini merupakan kesempatan bagi warga binaan mengembangkan keterampilannya.

“Gunakan kesempatan pelatihan kemandirian ini dengan baik, ikuti kegiatan dengan sungguh sungguh, manfaatkan semua agar bisa digunakan ketika bebas nanti” ujar Kalapas saat sambutan pembukaan pelatihan.

Wakil Direktur CV. Jasa Indah Sentosa Nur Afnita saat di konfirmasi menjelaskan, semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi warga binaan dan menjadi bekal setelah selesai masa pidana nanti, selain itu tujuan ada nya kegiatan ini untuk meningkatkan life skill dari warga binaan

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari, dimana per harinya 8 jam pelajaran (jpl) per hari, perusahaan telah bekerja sama dengan instruktur instruktur profesional pada bidangnya dan pelatihan ini menggunakan metode Discovery learning, jelas Nur Afnita.***

Penulis : Hery Ferdian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *