Lintaspena.com, Lamsel – Peribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, sangat pas disandang oleh Ummul Nanda Ridhotun (20) Seorang mahasiswi Universitas Lampung (UNILA) jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester VI, baru-baru ini sukses menaklukkan tingginya puncak Gunung Merbabu yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Bagi para pecinta alam maupun bagi para penggemar keindahan alam, mendaki Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.145 mdpl merupakan suatu pengalaman tersendiri yang tak boleh terlewatkan. Sepertinya belum dianggap sepenuhnya sebagai pencinta alam tampa mencoba menaklukkan puncak Gunung Merbabu.

Itulah yang dilakukan oleh Ummul Nanda Ridhotun Binti Suyadi, S.Pd disela-sela waktu luangnya saat mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebanyak 8 mahasiswa UNILA dari berbagai jurusan selama satu semester.

Kecintaan terhadap alam telah tertanam di jiwa Ummul Nanda Ridhotun sejak sekolah di menengah tingkat pertama yang aktif di kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tercatat pada tahun 2016 sebagai siswi SMPN 1 Bakauheni Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan terpilih sebagai peserta Jambore Nasional Cibubur Jakarta.

Pada tahun 2019 saat di bangku SMA 1 Kalianda Lampung Selatan telah sukses mendaki puncak Gunung Rajabasa dengan ketinggian 1281 mdpl yang terletak di Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Kecintaan terhadap alam dan ikut melestarikannya tertanam di jiwa Ummul Nanda Ridhotun sejak di bangku sekolah menengah tingkat pertama (SMP) serta bakat seni yang dimiliki juga di pengaruhi genetik yang diturunkan oleh orang tua.

Hal tersebut dikatakan oleh Bapak Suyadi, S.Pd kepada media Lintaspena.com saat dikunjungi dikediamannya di Dusun Harapan Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu sore (16/6/2024).

Bapak Suyadi, S.Pd menuturkan saat dirinya masih muda, sudah sangat mencintai kegiatan Pramuka (Praja Muda Karana) dan mengikuti kegiatan Pramuka di Saka Bhayangkara Tahun 1986. Dari situlah awal timbul (tumbuh) di jiwanya mencintai alam. Sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka “cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.

Adapun puncak Gunung yang terletak di Pulau Sumatera yang telah ditaklukkan hingga mencapai puncaknya adalah :
1. Gunung Tanggamus (Lampung) dengan ketinggian 2.100 mdpl (6.896 kaki) pada tahun 1987.
2. Gunung Pesagi (Lampung) dengan ketinggian 2.203 mdpl pada tahun 1987.
3. Gunung Kasui (Lampung) dengan ketinggian 1.877 mdpl (6.158 kaki) pada tahun 1987.
4. Gunung Dempo (Sumatera Selatan) dengan ketinggian 3.142 mdpl pada tahun 1988.
5. Gunung Seblat (Bengkulu) dengan ketinggian 2.383 meter (7,818 kaki) pada tahun 1989.

“Atas kecintaan alam yang saya diceritakan kepada anak-anak saya. Tak terduga masuk dalam benak mereka berdua mengikuti juga pendidikan kepramukaan Saka Bhayangkara dibawah naungan Polres Lampung Selatan saat menjadi Siswa/i di SMA 1 Kalianda,” tutur Bapak Suyadi.

Sambung, kata Bapak Suyadi menceritakan, khusus untuk putri kami Ummul Nanda Ridhotun sungguh luar biasa kecintaannya di kegiatan kepramukaan sejak dibangku SMP tahun 2016 yang terpilih sebagai peserta Jambore Nasional di Cibubur Jakarta. Tahun 2019 juga sudah menaklukkan Gunung Rajabasa (Lampung).

Hingga sampai saat ini kuliah di Universitas Lampung (UNILA) aktif di kegiatan kepramukaan. Dan saat ini telah selesai mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sejak tanggal 9 Februari hingga 23 Juni 2024 (satu semester).

Jejak kegiatan positif serta bakat seni yang dimiliki oleh putrinya adalah gen dari orang tua. Bapak Suyadi saat bersyukur atas segala prestasi dan kegiatan positif yang dilakukan oleh Ummul Ananda Ridhotun sebagai generasi penerus orang tua dan bangsa (generasi emas).

“Alhamdulillah, semua jejak dan bakat yang saya miliki menurun pada putri kesayangan kami. Mulai dari kegiatan Pramuka hingga bakat di bidang seni. Dan prestasi sudah diraih oleh putri kami sejak di bangku Sekolah Dasar (SD), ” Terang Bapak Suyadi, S.Pd menceritakan.

Adapun prestasi yang pernah diraih oleh Ummul Nanda Ridhotun :

1. Juara IIĀ  tingkat Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba bercerita sejarah Radin Intan II pada saat di bangku SD tahun 2013.
2. Juara harapan III baca puisi Kabupaten Lampung Selatan tingkat SMP tahun 2016.
3. Mengikuti Jamnas Cibubur Jakarta tahun 2016.
4. Juara 1 lomba pentas seni di Universitas Negeri Sebelas Maret Solo.

Dan kelak setelah wisuda Ummul Nanda Ridhotun akan mengabdi menjadi tenaga pendidik (guru) mengikuti jejak kedua orangtuanya yang saat ini menjadi guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sumur Kecamatan Ketapang.

Selaku orang tua yang telah mendidik dengan baik dan penuh cinta, Bapak Suyadi, S.Pd merasa sangat bersyukur dikaruniai anak yang lengkap putra dan putri yang telah meraih berbagai prestasi yang jarang diraih orang lain. Dirinya bertekad dengan semangat tinggi untuk menghantarkan anak-anaknya meraih cita-citanya dan sukses.

“Kebanggaan kedua orang tua adalah ketika sukses menghantarkan anak-anaknya meraih mimpinya dan sukses. Pendidikan adalah kunci untuk membuka masa depan dan jadilah seperti matahari; yang menyinari dunia dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain,” Ujar Bapak Suyadi, S.Pd sebagai petuah bagi kedua anaknya.

Laporan : Mu’min/Alfian.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *