KERINCI, lintaspena.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci menggelar pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 M bersama masyarakat di Lapangan Merpati Hiang, Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci, pada Senin (17/06/2024).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kerinci Asraf, S.Pt, M.Si, yang didampingi oleh Ketua TP PKK Nurhayati Asraf. Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0417 Kerinci Letkol Inf Eko Budiarto, Kapolres Kerinci AKBP Muhammad Mujib, Anggota DPRD Kerinci Asril Syam, Sekda Kerinci Zainal Efendi, Kakan Kemenag Kerinci Pahrizal, serta para staf ahli, asisten, kepala OPD lingkup Pemkab Kerinci, BUMN/BUMD, para camat, dan ribuan masyarakat dalam wilayah Kecamatan Sitinjau Laut.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Asraf menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha dari pemerintah daerah kepada masyarakat serta menyampaikan esensi pemaknaan dari pelaksanaan hari raya Idul Adha.

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan segenap jajaran pemerintah kabupaten kerinci, mengucapkan selamat hari raya idul adha 1445 H, mohon maaf lahir dan bathin. Esensi idul adha merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan, baik sesama manusia dan hubungan dengan Allah SWT. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syiar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam,” ujar Asraf.

Pj. Bupati Asraf menambahkan, “bahwa Idul Adha memiliki dua makna penting sekaligus, pertama makna ketakwaan manusia kepada perintah Sang Khalik dan kedua makna sosial, dimana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki namun tidak menunaikan perintah kurban”. Tambah Pj. Bupati Asraf.

Lebih lanjut, sebelum mengakhiri sambutannya, Pj. Bupati Asraf mengajak masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam menghadapi Pilkada yang tahapannya sudah mulai berjalan.

“Mari kita jaga suasana politik yang kondusif, berpolitiklah dengan santun, hormati perbedaan pendapat, dan hindari politik kebencian. Pilkada adalah wadah kita untuk menyalurkan aspirasi dengan damai dan tertib. Jangan sampai karena adanya perbedaan pilihan, bisa memutus tali persaudaraan dan pertemanan,” kata Asraf.

Selain itu, pada tahun ini Kabupaten Kerinci akan melaksanakan MTQ Tingkat Provinsi Jambi. Pj. Bupati Asraf meminta dukungan dari semua pihak, mulai dari masyarakat, perangkat desa, kecamatan, instansi pemerintah, hingga pihak swasta di Kabupaten Kerinci untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan MTQ di Kabupaten Kerinci.

Pelaksanaan shalat Idul Adha kali ini dipimpin oleh Imam Buya M. Yanis, M.PdI, Khatib Buya Afriandi, M.Pd, dan Bilal Buya Dandi. Usai melaksanakan shalat Idul Adha, Pj. Bupati Kerinci didampingi pimpinan bank jambi menyerahkan bantuan CSR Bank Jambi untuk Masjid Addin Hiang Lestari sebesar Rp. 10.000.000, dilanjutkan dengan ramah tamah dan buka bersama di kediaman pribadi Pj. Bupati Kerinci di Sebukar.(Adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *