PEKANBARU, LINTASPENA.COMFenomena mudik saat libur Idulfitri sudah menjadi agenda tahunan bagi perantau. Pekanbaru merupakan salah satu kota tujuan perantau sekaligus salah satu jalur yang akan dilewati pemudik dari berbagai wilayah.

Pemerintah Daerah setiap tahun melakukan persiapan untuk memfasilitasi para pemudik. Seperti menyediakan posko untuk beristirahat, hingga memperbaiki jalan untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution saat dikonfirmasi menyebut, instansi itu menyiagakan alat berat guna mendukung kelancaran mudik Lebaran tahun 2022. Alat berat ini dipersiapkan jika terjadi hal-hal di luar dugaan.

Seperti terjadinya longsor dan ruas jalan ambruk. Alat berat milik PUPR Pekanbaru siap dikerahkan ke titik bencana jika dibutuhkan sewaktu-waktu dalam mendukung kelancaran lalulintas saat Lebaran.

“Peralatan kita standby, mana tahu ada hal-hal di luar dugaan. Alat kita siap untuk mendukung itu,” kata Indra Pomi Nasution, Sabtu (23/4/2022).

Meski ruas jalan yang dilalui untuk mudik Lebaran merupakan jalan nasional, Dinas PUPR siap mendukung kelancaran pengguna jalan selama arus mudik Lebaran.

Selain itu, PUPR juga melakukan perawatan jalan khususnya di sekitar rumah ibadah dan ruas jalan untuk mudik.

“Tapi jalan untuk mudik itu bukan kewenangan kita. Itu jalan provinsi dan nasional, kita hanya berkoordinasi dengan provinsi dan nasional. Contohnya kemarin ada jalan ke arah kampar yang rusak kita koordinasi dengan PJN, dan langsung ditangani,” paparnya.

Source : Cakaplah.com

(VLH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *