Bengkalis – Lintaspena.com/ Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, ratusan santri dari sejumlah pesantren, mengikuti upacara pengibaran bendera, di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri tahun 2022 tersebut.

“Melalui momen upacara peringatan Hari Santri tahun 2022 ini, mari kita bersama sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT,” ucap Wabup ketika membacakan pidato.

Bagus Santoso juga menuturkan Santri hendaknya tetap menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs. Karena hal itu adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi (maqashid al-syariah).

“Tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia. Santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Santri adalah insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama,” terangnya.

Ia juga mengharapkan kepada para santri saat ini harus senantiasa berprinsip menjaga martabat kemanusiaan yang merupakan esensi ajaran agama.

“Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” tuturnya.

Secara spesifik, Bagus Santoso juga mengisyaratkan agar para santri dan pendidik di pondok pesantren dapat bersama-sama mendukung terwujudnya visi Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa).

“Kita yakin para santri sangat memberikan pengaruh untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” sebutnya.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Santri tahun 2022 kala itu, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia, Wakapolres Bengkalis, Kompol Aninditha Rizal, Kakan Kemenag Bengkalis diwakili Kasubbag TU, H Zulkarnain, Ketua MKA LAMR Bengkalis, H Zainuddin Yusuf, para pimpinan pondok pesantren se Kabupaten Bengkalis dan tamu undang lainnya. *(Asnawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *