Dumai, Lintaspena.com – Pj. Gubernur Riau (Gubri) yang diwakilkan kepada Pj. Sekda Provinsi Riau Indra, SE, MM dan didampingi oleh Wali Kota Dumai H. Paisal, SKm. MARS secara resmi melepas peserta Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke-42 tahun 2024 di Dumai. Minggu, 21/4/24.

Pawai Ta’aruf ini diikuti oleh 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau. Turut hadir Pj. Bupati Kampar Hambali, SE, MH turun langsung sebagai Pemimpin Kontingen Kabupaten Kampar didampingi oleh Plh. Sekda Kampar Ahmad Yuzar, S.Sos,  MT dan 600 orang peserta pawai Kabupaten Kampar tampil secara memukau dibarisan pertama.

Pj. Sekda Provinsi Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa pawai ini diharapkan menggugah hati masyarakat dan menyerap hikmah serta pendidikannya semoga masyarakat antusias menyaksikan helat MTQ ini.

“Sejatinya pelaksanaan helat MTQ ini esensinya adalah membumikan Al-Quran di tanah melayu. Kegiatan pawai ini juga sekaligus sarana silaturahmi antar kontingen sedangkan bazar merupakan sarana untuk meningkatkan sektor UMKM di Riau.” kata Indra.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini hendaknya jangan dipandang sebagai kegiatan seremonial saja melainkan lebih pada tujuan silaturahmi dan mendorong antusias masyarakat untuk menyaksikan kegiatan MTQ.

Pawai ta’aruf ini menampilkan kebolehan masing-masing kabupaten/kota. Dengan berjalan kaki peserta bersholawat, mengaji dan ada pula yang menari, bermain musik, marchingband sambil menyanyikan lagu keagamaan dan lagu khas daerahnya masing-masing, melintas di depan pangung utama dan masing-masing tiap Kabupaten/Kota membawakan tema yang bernarasi pembangunan, objek wisata, semangat mengaji, serta keanekaragaman tradisi budaya adat dan istiadat.

Selain itu, keunikan kendaraan hias yang beranekaragam bentuk tema dari masing-masing kontingen juga  turut memeriahkan suasana MTQ tersebut.

Ribuan masyarakat Dumai beramai-ramai menyambut pawai ta’aruf di sepanjang jalan Sudirman ini.

Sementara itu Pj. Bupati Kampar disela sela kegiatan sampaikan apresiasi atas terlaksana dengan meriah pawai ta’aruf ini.

“Pawai ini selain sebagai pembuka kegiatan MTQ juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang saling mengenal kebudayaan, kekayaan adat istiadat dari masing-masing daerah sehingga dapat saling mengetahui dan mengenalkan budaya dari seluruh budaya yang ada di Provinsi Riau.” ujar Hambali.

Meskipun panas terik menyelimuti Kota Dumai, masyarakat tetap antusias menyaksikan beragam atraksi, nyanyian lagu, tarian, musik khas dan pakaian adat daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Usai Pawai dilanjutkan dengan pembukaan bazar MTQ oleh Pj. Sekda Provinsi Riau yang ditandai dengan pengguntingan pita pada stand utama.

Selanjutnya, seluruh stand kabupaten/kota se-Provinsi Riau mempresentasikan kekhasannya, mulai dari makanan khas hingga kerajinan tangan dari daerahnya masing-masing disaksikan seluruh pejabat pemerintah yang hadir maupun masyarakat setempat. (Diskominfo/AN).

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights