Musi Banyuasin, Lintaspena.con – Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila, pada hari ini Sabtu (01/06/2024) Para Pejabat Utama dan anggota Polres Muba melaksanakan upacara di Halaman Mapolres Muba.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kompol Malik Fahrin Husnul Aqif SH. Sik. selaku mewakili Kapolres Muba Akbp. Imam Safii Sik. Msi, dan Tema peringatan hari kelahiran Pancasila tahun ini adalah “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas tahun 2045”.

Pada upacara hari ini Inspektur upacara membacakan pidato yang disampaikan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi, yang intinya sesuai dengan tema peringatan hari lahir Pancasila tahun ini yaitu Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas tahun 2045, dikandung maksud bahwa Pancasila menyatukan semuanya dengan segala perbedaan suku agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kiranya segenap komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sebagai media statis.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar, dan Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi tekhnologi dan informasi sekarang ini.

Yudian Wahyudi mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk  bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila, “melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni ini kita harus bekerjasama berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, semoga peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju adil makmur dan berwibawa dikancah dunia,” Tutupnya (DW).

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *