MOSCOW, LINTASPENA.COMSekjen PBB, Antonio Guterres segera mengunjungi Moskow dan akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Dalam kesempatan itu, Guterres juga akan mengadakan rapat kerja dan makan siang dengan Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov.

Menurut pernyataan resmi kantor PBB, Guterres akan mengunjungi Moskow pada 26 April.

Baca Juga : 2 Marinir Ditembak KKB di Nduga, 1 Prajurit Gugur, 1 Perwira Terluka

Awal pekan ini, Guterres mengirim catatan diplomatik ke Rusia dan Ukraina untuk meminta duduk terpisah dengan para pemimpin negara. Stephane Dujarric, juru bicaranya mengatakan, surat telah diserahkan kepada misi tetap Rusia dan Ukraina pada Selasa sore.

“Dalam surat-surat ini, Sekretaris Jenderal meminta Presiden (Rusia) Vladimir Putin untuk menerimanya di Moskow dan Presiden (Ukraina) Volodymyr Zelensky untuk menerimanya di Kiev,” kata Dujarric, Rabu.

Baca Juga : Polisi Tangkap 3 Kader HMI Demo di Depan DPR Masih Diperiksa

Sekretaris Jenderal mengatakan, pada saat bahaya dan konsekuensi besar ini, dia ingin membahas langkah-langkah mendesak untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina dan masa depan multilateralisme berdasarkan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan hukum internasional.

Sejak perang dimulai pada 24 Februari, jumlah korban sipil di Ukraina telah meningkat menjadi 2.435, sementara 2.946 lainnya terluka, menurut perkiraan PBB, dengan angka sebenarnya dikhawatirkan akan jauh lebih tinggi.

Lebih dari 5 juta warga Ukraina telah melarikan diri ke negara lain, dengan lebih dari 7 juta lebih pengungsi internal, kata badan pengungsi PBB.

Source : iNews.id

(VLH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *