Lintaspena.comKerinci – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci menggelar Pelatihan, Pembekalan, dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Terampil tahun 2024 di Gedung Museum Kerinci, Senin (1/7/2024).

Dalam sambutannya, Maya Nofevri Handayani menekankan pentingnya pelatihan ini untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang tersertifikasi di bidang jasa konstruksi, sesuai dengan amanat UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mewujudkan tenaga kerja yang handal dan berdaya saing, serta menciptakan integrasi nilai tambah dari seluruh tahapan penyelenggaraan jasa konstruksi guna menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional,” ujarnya

Kegiatan ini diikuti oleh 360 peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kerinci. Peserta terdiri dari masyarakat yang berprofesi sebagai tukang bangunan, sarjana teknik sipil sebagai pengawas, serta tenaga magang atau honorer dari lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kompetensi tenaga kerja konstruksi sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan yang berkualitas,” ucapnya.
Dia menjelaskan, pelatihan berlangsung di beberapa lokasi, termasuk Gedung Museum Kerinci, Hotel Arafah Danau Kerinci, Polsek Danau Kerinci dan lokasi proyek Dinas PUPR Kabupaten Kerinci.

“Acara ini berlangsung dari 1 Juli hingga 13 Juli 2024,” tuturnya.
Maya Nofevri Handayani juga menyampaikan bahwa kegiatan ini didukung oleh anggaran Dinas PUPR Kabupaten Kerinci serta bantuan dana dan fasilitas dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang.

“Tahun ini merupakan pelaksanaan dengan jumlah peserta terbanyak dan kerjasama kerja terbanyak dalam kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja terampil yang pernah diselenggarakan di Kabupaten Kerinci,” katanya

Sementara, saat membuka acara, Pj Bupati Kerinci Asraf mengucapkan terimakasih kepada Kadis PUPR Kerinci yang telah menjalankan kegiatan ini.
“Meskipun saat ini anggaran kita rendah, namun PUPR Kerinci masih bisa melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya. Dia mendoakan agar ratusan peserta dapat lulus dan tetap sehat selama mengikuti kegiatan.

“Ikuti kegiatan dengan serius sampai selesai. Harus fokus agar mendapatkan hasil maksimal. Semoga bisa menjadi peserta terbaik,” ujarnya.

Asraf menerangkan jika sertifikat yang didapatkan nantinya bukan hanya berlaku di Kerinci tapi diakui secara nasional. “Kita perlu bersyukur karena tempatnya di Kerinci, mudah-mudah kegiatan ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir,” tukasnya.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *