Bangkinang Kota – Lintaspena.com/ – Dalam menghadapi Dunia Globalisasi Industri 4.O dimasa mendatang,  Pj. Bupati Kampar Dr, H. Kamsol, MM mengajak Perguruan Tinggi untuk melakukan Inovasi dan Terobosan Akademik dan Non Akademik.

Hal tersebut disampaikan Dr. H. Kamsol dalam arahannya saat “Temu Keluarga ke-V Tahun 2022 Forum Komunikasi Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Seluruh Indonesia (FKMTSI) Wilayah II Riau – Kep .Riau sekaligus Seminar Nasional” di Auditoriun Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang, Jum’at (22/10/2022).

Selain Pj. Bupati Kampar, hadir dalam kesempatan tersebut mendamping beliau, Asisiren III Setda Kampar Suhermi, S.T, Kadis Kominfo dan Persandian Yuricho Efril, S.STP, Kadis DLH Dr. Aliman Makmur, dan Kadis Koperasi Henri Dunan.

Lebih lanjut, Kamsol menjelaskan bahwa untuk memajukan Indonesia termasuk Kampar ini. Kedepan kita memerlukan orang-orang pintar dan kuat, apalagi kita akan menghadapi Industri 4.O.

Dengan demikian, perlu perubahan inovasi di Bidang Akademik di Era Revolusi Industri 4.0 yaitu Pengembangan Simple KKN, Teaching Industry, dan Hybrid Learning. Sedangkan Non Akademik meliputi Summer Course/School, serta Seminar Nasional yang kita laksanaan saat ini “Terang Kamsol”.

Selanjutnya dalam menilai bisnis berbasis digital masa depan dalam pembangunan Indonesia, khususnya Kampar. Maka untuk lebih mendorong pengembangan prestasi, diperlukan Sistem yang dapat merangsang Perkembangan Teknologi dalam wujud perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual hasil penelitian.

Sekali lagi, Kamsol berharap bahwa kita harus inovatif dan harus yakin serta optimis untuk bisa unggul dalam menghadapi Era 4.0, khususnya bagi Sarjana yang akan bersaing dalam mendapatkan pekerjaan atau menciptakan Lapangan Kerja.

“Persaingan saat ini dan kedepan, akan semakin ketat. Siapa yang tidak siap, akan ketinggalan, bahkan mungkin tenggelam dalam persaingan arus perubahan zaman “Pangkasnya lagi”

Kemudian di Era Industri 4.0 saat ini, Masyarakat diberbagai Belahan Dunia khawatir akan berkurangnya Tenaga Kerja, karena Produksi yang sebelumnya mengandalkan Tenaga Manusia bergeser ke Tenaga Uap dan Listrik.

Sementara itu Rektor UP Bangkinang Prof. Amif Lutfi diwakili Pembantu Rektor III Universitas Pahlawan Afriza juga berharap Mahasiswa dan lukisan nantinya harus memiliki kemampuan mengelola dan menganalisis data demi meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat dan Bisnis.

“Semoga Para Mahasiswa yang tergabung dalam FKMTSI Wilayah II Riau dan Kepri bisa bersaing dalam segala Bidang khususnya Dunia Kerja yang semakin ketat ” Terang Riza.(Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *