Teks Foto; Sekretaris Desa Gandri Iksan saat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (DD) alokasi bulan Januari s.d Mei 2024 secara simbolis kepada perwakilan KPM di aula kantor desa setempat, Senin (20/5/2024).

Lintaspena.com, Lamsel – Pemerintah Desa (Pemdes) Gandri Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Triwulan I atau tahap I Alokasi bulan Januari sampai dengan Mei Tahun Anggaran 2024 kepada 15 keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran bantuan BLT DD berlangsung di balai desa setempat pada Senin siang (20/5/2024). Dihadiri Kepala Desa Gandri Purwanto, Camat Penengahan Muhrizal, S.E bersama jajaran, Babinsa Serda Aji Turasman, Pendamping Desa (PD) Haryono, aparatur desa dan 15 KPM.

BLT Dana Desa yang telah dibagikan tersebut yaitu bulan Januari sampai Maret 2024 sebesar Rp900 ribu per KPM, masing-masing Rp300 ribu per bulan dan sesuai dengan daftar KPM. Namun ada tambahan 2 bulan alokasi bulan April dan Mei yang diterima oleh 15 KPM.

15 KPM tersebut adalah hasil musyawarah desa khusus (Musdesus) sebelumnya. Dan telah sesuai kriteria yang ditentukan oleh pemerintah, yakni miskin ekstrem, lansia hidup tunggal serta keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel.

“Alhamdulilah, hari ini disaksikan Pak Camat, Pak Babinsa dan Pendamping Desa, kita bisa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Triwulan I tahun anggaran 2024 bisa kita salurkan periode bulan Januari sampai dengan Maret. Namun ada tambahan 2 bulan alokasi bulan April dan Mei. Sehingga kita telah menyalurkan BLT DD sampai bulan Mei, ” Ungkap Kepala Desa Gandri Purwanto kepada media Lintaspena.com melalui telepon selulernya.

Lanjut, kata Kepala Desa (Jaro) Gandri Purwanto mengatakan KPM BLT-DD akan menerima bantuan hingga bulan Desember 2024. Untuk itu dirinya berharap bantuan tersebut, bisa dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau dikembangkan untuk pemenuhan gizi maupun kemandirian ekonomi keluarga.

“Kita harapkan uang yang telah diterima oleh warga kita selaku penerima untuk dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Bahkan kita pesankan untuk disisihkan untuk membeli ayam maupun kambing untuk dikembangbiakkan. Tujuannya untuk menopang kemandirian ekonomi keluarga jangka menengah maupun jangka panjang, ” Lanjutnya.

Masih dikatakan Jaro Purwanto KPM penerima BLT-DD untuk Desa Gandri, rata-rata lansia yang memang sangat layak menerima sesuai kriteria yang ditentukan oleh pemerintah. Dan dirinya menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyaluran BLT-DD dikarenakan ada kendala teknis. Sehingga pencairan molor dari jadwal yang diharapkan.

Selain penyaluran BLT-DD Pemerintah Desa Gandri juga telah menyalurkan insentif para kader maupun Linmas hingga bulan Mei 2024 yang bersumber dari anggaran dana desa (DD) tahap I. (Mu’min/Yn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *