PEKANBARU, LINTASPENA.COM – Gubernur Riau melalui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Kamsol, secara resmi membuka Olimpiade Fisika XVI se-Sumatera secara virtual, Selasa (01/03/2022). Kegiatan ini dilaksanakan 1-4 Maret 2022.

Olimpiade ini merupakan kegiatan yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMA PEFSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP UNRI).

Acara yang berlangsung di Ruang MicroTeaching FKIP UNRI ini, mengangkat tema: “Melalui Kompetisi, Junjung Sportivitas dan Raih Prestasi, untuk Menciptakan Fisikawan Muda yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Positif, dalam Menghadapi Society 5.0.”

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, mengatakan dalam upaya melahirkan pejuang-pejuang sains, diperlukan semangat serta kerja keras yang maksimal agar diperoleh hasil yang optimal.

“Alhamdulillah, pada tahun 2021 yang lalu posisi kita dalam Olimpiade Sains Nasional berada di posisi ke-4,” ujar Kamsol.

Hal ini, menurut Kamsol, tidak lain adalah perjuangan bersama, peran universitas yang dalam hal ini FKIP yang terus mendorong untuk pelaksanaan olimpiade seluruh mata pelajaran. Sehingga lebih meningkatkan dan lebih melatih anak-anak kita dalam persiapan untuk mengikuti baik olimpiade nasional maupun internasional.

Sebagaimana diketahui bersama, pada kegiatan Kompetisi Sains Nasional 2021 yang lalu baik jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA, Provinsi Riau telah mengukir prestasi yang gemilang dengan meraih 4 besar terbaik secara nasional.

“Medali emas kita raih sebanyak 5 siswa, medali perak sebanyak 4 siswa, perunggu sebanyak 12 siswa dan The Best Theory & Observation sebanyak 2 orang siswa,” ujar Kamsol.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyambut baik kegiatan Olimpiade Fisika yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau untuk melahirkan generasi-generasi yang berwawasan sains dan teknologi.

“Harapan kita semua, semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini akan meningkatkan lagi mutu dan marwah pendidikan khususnya di Provinsi Riau,” harapnya.

Selanjutnya, Kamsol mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta Olimpiade Fisika XVI se-Sumatera yang diadakan oleh HIMA PEFSI FKIP Universitas Riau.

“Selamat berlomba buat anak-anak kami yang cerdas semuanya. Teruslah bekerja keras untuk meraih prestasi dan tekadkanlah semangat untuk menjadi sanga juara,” tutupnya.

Sementara Ketua Pelaksana, Andre Pratama Eka Lanang, menjelaskan, Olimpiade Fisika ke XVI ini diikuti 887 peserta yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Sumatera secara luring dan daring.

Adapun lomba dalam olimpiade ini antara lain, Tes Tertulis (TT) SD/SMP/SMA (Mekanika, Geosains, Astronomi), Kuis Sains Fisika (KSF), Video, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMP/SMA/Mahasiswa dan lomba essay.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Dekan III FKIP UNRI, Dr. Hermandra, MA, Koordinator Prodi Pendidikan Fisika FKIP UNRI, Dr. Fakhruddin, S.Si, MT beserta seluruh jajaran dosen, Kelembagaan Mahasiswa Universitas Riau, Gubma FKIP UNRI, DPM FKIP UNRI, Bupati HIMA PEFSI, serta peserta dan guru pembimbing.***(Hery)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *