BENGKALIS, LINTASPENA.COM – Pemerintah desa teluk Latak Kecamatan Bengkalis melakukan tradisi mandi balimau kasai dan pawai untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H/2022M, Sabtu 2 apirl 2022

Di awali kegiatan dengan Pelepsan pawai secara langsung oleh camat Bengkalis Ade Suwirman , Para peserta pawai terdiri organisasi muda mudi, siswa sekolah, kesenian kompang dan masyarakat desa teluk Latak, Mereka mengelilingi sejumlah ruas jalan di desa setempat sambil melantun sholawat.

“Kepala desa teluk Latak mengatakan kegiatan ini untuk di perkenalkan kepada masyarakat Bengkalis, bahwa di desa teluk Latak ini setiap tahunnya mengadakan kegiatan mandi balimau kasai untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Harapan kami kedepan kegiatan ini menjadi salah satu budaya yang membawa nama kabupaten juga jadi aikon yang di bekap Kabupaten Bengkalis.” Harapnya.

“Camat Bengkalis Ade Suwirman katakan sangat mengapresiasikan kegiatan ini, selain berbicara Budaya lokal semua desa punya, jadi apa lagi sekarang mempunyai modrensasi yang masih ada di Desa Teluk Latak melaksanakan tradisi setiap penyambutan bulan puasa selalu ada kegiatan mandi balimau kasai.” Dalam sambutannya.

“Apa yang diharapkan pak kades dan masyarakat kami sampaikan ke Dinas terkait untuk mengagendakan kegiatan tahunan Kabupaten Bengkalis disini, tentu kami informasikan terlebih dahulu di tingkat Kabupaten contoh seperti mandi safar di Rupat, tentu potensi budaya kita di wilayah Kabupaten Bengkalis, Mudah mudahan Dinas terkait bisa hadir di sini.” Ujarnya.

Mandi Balimau kasai dan Pawai keliling kampung di halaman Mesjid As Solihin Desa Teluk Latak Selama kegiatan berlangsung, peserta tertib dan mengikuti aturan yang ditetapkan pihak panitia. ***(M. Asnawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *