BENGKALISLintaspena.com – Sebanyak 33 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis resmi dilantik di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Di Laut, Jumat (24/5/2024) sore.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panwaslu tahun 2024 langsung dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Usman.

Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis, Wakil Bupati  DR. H Bagus mengucapkan selamat dan tahniah kepada anggota Pengawas Pemilu Kecamatan Se-Kabupaten Bengkalis yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

“Momentum ini merupakan bagian dari upaya kita bersama guna memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah pada tahun 2024 di Kabupaten Bengkalis nantinya dapat terlaksana dengan dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga akan tercipta pilkada yang aman, damai, adil, sejuk, bermarwah, berkualitas dan berintegritas”, pinta Wabup Bengkalis.

Lebih lanjut Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengatakan Peran panwas sangat luar biasa, jika kita ambil dari teori demokrasi, demokrasi itu sehat terdapat tiga faktor diantaranya partisipasi masyarakat, jika banyak masyarakat yang memilih maka berhasil lah kerja Panwas itu.

Kemudian lanjut Wabup, terjadi kompetisi, untuk kompetisi ini bagi panwas harus mampu memberi rambu-rambu kepada yang berkompetisi sehingga tidak terjadinya kesalahan dan terakhir adalah profesional.

“Salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis itu adalah aspek pengawasan, makanya sebagai personil pengawas, saudara-saudari dituntut untuk menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab,” jelas Bagus.

Sebelum mengakhiri sambutannya Wabup Bengkalis Bagus Santoso berpesan kepada anggota Panwaslu, jagalah amanah yang telah dipercayakan oleh negara ini, bekerjalah sesuai dengan aturan yang berlaku, profesional, berintegritas dan menjaga netralitas sebagai pengawas pemilu.

“Bekerjalah setulus hati, hati-hati dan jangan sesuka hati, karena dari sekian banyak orang yang memasukkan lamaran sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Bengkalis, hanya saudara-saudari yang terpilih, artinya saudara-saudari adalah orang pilihan, yang dipancang cakap untuk mengemban amanah ini, makanya jagalah amanah ini dengan sebaik-baiknya dan lakukan pengawasan secara maksimal serta tegas,” tegasnya.

Kemudian Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Usman mengatakan usai dari pelantikan ini tugas kawan-kawan semakin berat diantaranya melakukan pemantauan kepada Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan Pengawas TPS (PTPS).

“Kawan-kawan harus mampu menyamakan persepsi, karena pengalaman yang telah lalu menjadi evaluasi bagi kita semua”, ucap Usman.

Hadir pada pelantikan tersebut Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Kapolres Bengkalis diwakili Kanit Intel, Ipda Harpen, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pasiintel Lettu Inf Agus Dani dan Ketua Kejaksaan Bengkalis diwakili Jaksa Fungsional Tindak Pidana Umum Kejari Bengkalis, Azuardi Dani serta undangan lainnya.(As)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *