Riau

PEKANBARU (Lintaspena.com) – Seekor gajah sumatera ditemukan dalam kondisi mati di Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis pada Jumat (10/12/2021).

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, Balai Besar KSDA Riau mendapat informasi, bahwa masyarakat menemukan seekor gajah betina dewasa usia lebih kurang 25 tahun dalam kondisi mati.

“Dugaan sementara kematian gajah disebabkan oleh setrum aliran listrik yang bersumber dari kabel PLN yang terhubung ke barak pekerja kebun sawit milik masyarakat yang dirobohkan gajah liar,” ujar Fifin.

Bangkai gajah berada di kebun sawit masyarakat di Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin yang berbatasan langsung dengan konsesi PT. Arara Abadi.

“Sedangkan gajah liar sub populasi Giam Siak Kecil saat ini masih terpantau berada di sekitar bangkai gajah yang ditemukan tersebut,” ungkapnya.

Untuk memastikan penyebab kematiannya, Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan tim medis untuk melakukan nekropsi terhadap gajah mati tersebut.

“Petugas telah turun ke lapangan untuk memastikan penyebab kematian gajah tersebut. Petugas PLN juga turun kelapangan untuk membantu memutus arus listrik yang ada,” pungkasnya.

About The Author

Verified by MonsterInsights